from A to the Z

Friday, February 27, 2015

Apa Itu Multitasking Pada Android ?

1 comment
Apa Itu Multitasking Pada Android ? 


Jika diperhatikan semakin hari semakin banyak saja masyarakat yang menggunakan gadget seperti smartphone dan pc tablet dalam kesehariannya entah hanya untuk sekedar pamer menjadi sarana hiburan, alat komunikasi ataupun sebagai salah satu alat untuk membantu produktivitas pekerjaannya. Ya, teknologi yang sudah sangat maju pada smartphone ataupun tablet secara tidak langsung telah menggantikan peran komputer dalam beberapa hal karena dipandang lebih praktis.
Konektivitas dengan internet untuk browsing atau chatting, dukungan berbagai aplikasi, serta kemampuan untuk melakukan multitasking adalah fitur dasar yang sudah cukup untuk menunjuang produktivitas penggunanya. Bicara soal multitasking, sudah taukah kamu tentang arti dari istilah ini? Tenang, bagi kamu yang belum tau di posting kali ini mimin akan sedikit membahas tentang istilah tersebut dengan "bahasa orang awam" agar lebih mudah untuk dimengerti.

Multitasking adalah sebuah keadaan dimana gadget (termasuk komputer, smartphone, tablet dll) mengerjakan beberapa "tugas" sekaligus dalam satu waktu. Jika dianalogikan sebagai manusia, multitasking itu seperti sedang membaca koran, membuat sarapan sambil bekerja dalam satu waktu yang sama. Artinya, kita tidak perlu menutup (close) aplikasi yang sedang berjalan untuk dapat menjalankan aplikasi atau tugas lain sehingga nantinya kita bisa leluasa untuk berpindah antara satu apps dengan apps lainnya. Pengertian atau metode multitasking sendiri bisa berbeda pada beberapa jenis perangkat.

Misalnya pada komputer atau laptop, perangkat ini mampu melakukan "real multitasking", dimana ia dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi atau program secara bersamaan tanpa harus me-minimize aplikasi lainnya. Sedangkan untuk perangkat smartphone atau tablet (khususnya dengan OS Android) pengguna harus melakukan minimize pada aplikasi untuk membuka dan menjalankan aplikasi lainnya. 
Demikianlah artikel tentang Multitasking pada Android.

1 comment :